Resep Rahasia Cara Membuat Tempe Bacem Yang Lezat dan Bikin Lidah Puas

Tempe Bacem

Haloo sobat para pecinta masakan tradisonal, kini berjumpa lagi bersama admin ya sobat untuk berbagi masakan yang enak satu ini.. Udah pada tahu kan apa itu ? yaa, itu adalah masakan tradisonal yang pastinya udah lezat dan kaya akan proteinn,, wahh.. tentunya sobat sudah tau itu, yaa itu adalah tempe bacem.
Emm, mungkin di benak sobat masih bertanya-tanya deh apa itu tempe bacem, tapi nih kalo di kalangan orang jawa sudah tidak asing lagi dengan masakan ini sob.. Iyadeh admin kasi tau apa itu tempe bacem biar para sobat-sobat nih tahu, hehe.. Tempe bacem adalah makanan khas dari daerah Jawa Tengah atau Yogyakarta yang bercita rasa manis yang biasa digunakan untuk mengawetkan makanan berupa tempe ataupun tahu ..
Bacem sendiri nih artinya direndam dalam air gula atau garam supaya bahan makanan tersebut menjadi awet .. So jika kita ingin mengawetkan tempe atau tahu nih , tinggal di bacemin aja, nah itu dia apa itu tempe bacem ataupun tahu bacem. Oiya sob, sudah pada tahu kan apa bahan dasar makanan ini? ya tentu saja tempe dan tahu hehe, namanya juga tempe bacem dan tahu bacem..
Mungkin di kalangan orang Jawa nih sudah biasa makan tempe bacem ini , ya maklum lah makanan khas orang jawa hehe, tapi mungkin di daerah lain nggak tahu apa itu tempe bacem,, yahh sudah di jelasin kok tadi.
Dari segi harga nih, udah gak perlu khawatir deh pasti puas dan pas di kantong sob, murah meriah .. mulai dari 500 rupiah ya tergantung ukuran lah, masa iya yang gede lebih murah, wahh jadi bangkrut tuh sob :D Kalo d perhatikan nih tempe bacem atau tahu bacem kaya akan bumbunya yang lezat, gak hanya itu aja, makanan ini juga bumbunya tuh meresap sampai ke dalam , apalagi di padukan sama nasi, wahh muantep deh meskipun hanya dengan nasi dan kerupuk doang, weleh weleh.. jadi ngiler nih admin :D
Tempe BacemBicara tempe nih ya sob, banyak produk produk tempe yang saat ini mulai disukai banyak orang, gak hanya orang lokal saja tetapi orang luar negeri pun suka banget, meskipun murah meriah nihh, jangan diremehin deh kualitas dan kandungan gizi dari tempe.. apalagi di bacem wah bumbu-bumbu spesialnya nihh nambah selera dan nambahin juga nilai gizi pada makanan ini .. jadi tidak perlu malu sobat jika kita nih gak ada camilan jadi kita nyamil yang namanya tempe bacem, karena kandungan gizinya wahh deh sobat kuliner, gak kalah mah sama di restoran-restoran modern, hehe
Oke deh sob kita capcuss aja deh langsung ke pembuatannya bagaimana, mau tahu kan? oke langsung kita lihat.

Bahan :

-Bahan utama tempe yang besar berat sekitar 800gram (bikin banyak)
-Gula merah 200gr
-Daun manting / daun salam 4 lembar
-Asam jawa secukupnya
-Bawang merah 12 siung
-Bawang putih 6pcs
-Ketumbar 1 sendok makan
-Batang serai 1
-Garam 1 sdt
-Lengkuas 2 cm
-Air santan kelapa  1 Lt
-Kecap manis 4 sendok makan
-Minyak goreng




Cara membuat :

1.Haluskanlah bahan seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, gula merah, asam jawa, batang serai, dan lengkuas menggunakan cobek sampai halus.
2.Siapkan wajan dan isi wajan tersebut dengan santan yang telah disediakan tadi.
3.Aduk sampai merata.
4.Aduk dan tambahkan daun manting / daun salam ke kuah tadi.
5.Tunggu sampai bahan tercampur, lalu potong-potonglah tempe tadi sesuai selera.
6.Setelah bahan tercampur saatnya tempe tersebut dimasukkan ke dalam wajan bersama bumbu-bumbu tadi.
7.Aduklah sesekali dan tunggulah sampai kuah tadi menyusut dan hampir habis.
8.Angkatlah tempe tersebut.
9.Jika ingin menggorengnya siapkan wajan lain untuk menggoreng dan siap untuk disajikan
10.Simpanlah tempe bacem tadi jika tidak di konsumsi pada saat itu ke dalam lemari es.

Gimana nihh sobat cukup mudah kan bagaimana cara membuat tempe bacem yang praktis dan pastinya bergizi hehe.. oke sobat cukup itu aja ya resep rahasia ala admin ya sobat, jumpa lagi di lain waktu sobat, semoga bermanfaat.. salam kuliner

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Rahasia Cara Membuat Tempe Bacem Yang Lezat dan Bikin Lidah Puas"

Post a Comment

terima kasih sudah mengunjungi blog saya. jika anda ada pertanyaan, silahkan anda berkomentar dibawah ini.!!!