Cara Membuat Seblak Original Khas Bandung


Seblak

Haii sobat kuliner, bertemu lagi nih sama admin yang selalu  berbagi resep makanan yang tentunya enak, lezat dan praktis, tidak lupa dong sobat pastinya resep-resep yang admin berikan tentunya sehat dan terjamin deh kebersihannya, hehe.. Nih sob, ada yang pada tahu nggak admin disini akan membahas dan berbagi resep rahasia makanan apa coba?
Sobat kuliner ada yang tahu? Admin kasi qlue dehh, makanan ini ternyata khas Bandung, terbuat dari kerupuk, dan terdapat banyak variannya, Hayoo ada yang tahu? haha oke deh sob admin kasi tahu, ini makanan adalah seblak sob khas Bandung.. Entah kenapa kok dinamakan seblak asal usulnya bagaimana admin kurang paham sob hehe, tapi nih sob, admin punya resep rahasianya dong, Ntar admin kasi tahu deh,
Oke sob, sebelum menginjak acara memasak kita intermezzo dulu sobat biar tidak dong nanti memasaknya. Bicara tentang seblak jajanan khas Bandung ini banyak peminatnya loh, tidak hanya di Bandung aja sob banyak seblak seperti ini tapi di luar kota nihh banyak banget jajanan seblak ini, seperti di kota admin tercinta dong sob di kota suwar-suwir udah banyak jajanannya, contohnya di jalan Kalimantan sob, disana banyak deh jajanannya, seperti siomay, batagor dan tentunya seblak ini sob.
Awalnya nih sob admin kurang paham apa itu seblak, cerita dikit nih ya sob hehe.. admin nih punya temen, nah dia disitu suka banget sama jajanan yang satu ini, admin mah penasaran banget sama jajanan itu, katanya sihh enak.. Akhir cerita, admin nih cari dehh di sekitar kota suwar-suwir nih sob, ternyata ad sob.. admin beli dan langsung cobain.. Wahh gak perlu ditanya deh soal rasa dan goyangan di lidah, enak banget..
Soal harga nihh, udah pasti murah meriah mulai dari seblak original sekitar harga enam ribu rupiah, seblak makaroni seharga sembilan ribu rupiah dan masih banyak lagi berbagai harga disana. Jangan ditanya soal kualitas dan rasa seblak ini dengan harganya dijamin top markotop dehh hehe. Tapi nih ya sob jika kita bikin sendiri tentunya jauh lebih murah dan bersahabat sob, karena apa kita bikin tentunya sudah pasti kebersihan dan keamanan dari makanan yang kita buat tadi sudah terjamin deh. Apalagi nih ya, jika kita bikin usaha seblak ini wahh peminatnya udah banyak untung pun juga banyak, lumayan lah sob bikin usaha untuk sampingan kita nambah uang jajan di kampus sob. hehe, itung-itung juga belajar buat masak nihh.
Seblak khas Bandung ini berbahan dasar kerupuk mentah yang kemudian sengaja direndam dengan air panas supaya bantat, ada tambahan telur juga bisa sob tergantung dengan selera kita masing-masing.
Oke sobat kita langsung aja yah, kita praktekkin cara membuat seblak khas Bandung ini, oke sob daripada bikin ngiler mulu kita langsung aja kita lihat..


Bahan :


-Kerupuk kanji 100 gram
-Bawang putih 2 siung
-Bawang merah 4 siung
-Garam secukupnya
-Kencur 4 cm sebanyak 4 buah
-Cabai sesuai selera
-Kecap manis 2 sdm
-Telur ayam 2 butir
-Seledri secukupnya
-Daun bawang secukupnya
-Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat :

1.Rendamlah kerupuk kanji tadi dalam air panas agar kerupuk tadi menjadi bantat atau mengembang.
2.Setelah Kerupuk tadi bantat atau mengembang lalu angkatlah dan tiriskan, boleh diberi minyak goreng agar tidak saling lengket.
3.Irislah kecil-kecil seledri dan daun bawang lalu tempatkanlah di wadah lain.
4.Haluskanlah cabe,bawang merah, bawang putih dan kencur hingga halus.
5.Siapkan wajan berisi minyak goreng untuk menumis.
6.Tumislah bahan yang telah dihaluskan tadi dan tambahkan irisan bawang daun dan seledri sampai tercium wangi, aduk hingga merata.
7.Masukkanlah kerupuk yang telah mengembang tadi pada wajan yang berisi bumbu yang telah ditumis aduk hingga rata.
8.Tambahkan dua butir telur ke dalam wajan sampai menjadi telur orak arik.
9.Berilah sedikit air matang dan tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
10.Aduk hingga merata dan tambahkan kecap manis sambil di aduk.
11.Aduklah sampai air tadi menyusut dan habis.
12.Angkatlah seblak tadi ke dalam pring dan siap disajikan.



Okee itu sobat resep admin cara membuat seblak yang enak dan lezat dan juga praktis, wahh bisa dicoba ini sobat dirumah.. pastinya terjamin kebersihan dan gizi dari makanan ini sobat.. Udah itu aja ya sob yang bisa admin bagi resep sedikit tentang cara membuat seblak khas Bandung ini, berjumpa lagi di lain waktu sobat kuliner, semoga bermanfaat, selamat mencoba :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Seblak Original Khas Bandung "

Post a Comment

terima kasih sudah mengunjungi blog saya. jika anda ada pertanyaan, silahkan anda berkomentar dibawah ini.!!!