Resep Pentol Daging Enak ALA Rumahan

Pentol daging ayam


Haiii sobat pecinta kuliner nusantara, pasti sudah nggak sabar ya mau tahu resep pentol daging ala rumahan? ciee yg lagi kepo :D Haha nggak sobat bercanda aja biar ntar buat pentolnya gak tegang kawan..
kalau bicara kuliner di Indonesia pasti banyak dong kuliner-kuliner khas daerah yang pasti dijamin lidah pengen goyang, contonya saja di daerah Yogyakarta ada Gudeg, di daerah Jawa timur ada rujak cingur, di daerah lainnya pun nggak kalah enaknya loh sobat.
kuliner-kuliner di Indonesia sudah banyak penggemarnya sobat, nggak hanya dari dalam negeri bahkan luar negeri pun banyak, sampai ke pejabat penting luar negeri lohh.. bayangkan!! gak percaya nih? nih agan kasi tau yaa.. contohnya bapak Barack Obama yang saat sedang berkunjung ke Indonesia suka sekali loh yang namanya sate dan nasi goreng.. Umm,
Udah tau kan sobat? wahh patut nyoba nih para agan agan dan mbk sis nihh.. :D
Kalau ngomong masalah pentol nihh, apa yg ada di pikiran para sobat? pasti makanan enak, bulet, kadang buat jajanan sekolahan nihh, wahh inget masa kecil nih :D Hehe, Oiya sobat, terkadang kalau kita liat di televisi nih ya sob, banyak terjadi semacam pentol atau bakso berbahan daging yg tidak semestinya loh, apalagi terkadang ada bahan pengawet seperti boraks, formalin.. Wahh gimana nih sob kalau kita berhadapan sama tuh bahan makanan? wahh bahaya sob,
Pasti sob dampak bagi kesehatan akan muncul, tapi tidak semua ya pentol atau bakso berbahan seperti itu, itu hanya oknum yang hanya ingin mengambil untung saja sob tanpa melihat nilai kesehatan bagi konsumen, wahh ini nih sob yang terpenting harus mengutamakan segi kesehatan sob.. Tapi tenang sobat kuliner hehe, para aparat negara sudah bertindak kok, melakukan sidak langsung di lokasi , wahh aparat kita hebat, jadi tidak perlu khawatir , tapi harus berhati hati juga yee sob. Mungkin sobat banyak yang ingin tahu gimana sihh bikin makanan sehat?
Banyak kok sob tips dan trik memasak makanan di internet yang baik dan benar kalau mau lebih mendalam tanya aja sob ke ahlinya hehe..
Oke sob ngomong ngomong soal pentol nihh, banyak kok pentol tuhh mulai dari pentol ikan tengiri, pentol ikan sapi, pentol bakar, dan pentol bolak balik :D Wahh gimana ceritanya pentol di bolak balik ya sob? :D Just kidding sob, tapi emang ada kok sob pentol bolak balik di daerah saya sob, tapi bahannya dari kentang sob, patii Ueennakk deh sob.
Wahh para pembaca lagi gasabar nihh mau tahu resep "Pentol Daging Sapi Ala Rumahan" nih.. hehe  oke sob langsung aja yah kita lihat bagaimana resep dan cara membuatnya sobb, okee.. gini nih..

Siapkan bahan :

-Tepung kanji 100gr
-Garam secukupnya
-Daging sapi boleh, daging ayam boleh, daging ikan tengiri boleh :D 1-2kg aja sob.
-telur 2 butir
-Lada bubuk 2sdt
-Bawang putih 7 siung
-Bawang goreng merah 4sdm
-es batu
-Air 4,5L

Cara membuat :

1.Siapkan daging yang telah dipilih tadi tanpa adanya tulang, lalu giling daging daging tersebut hingga halus.
2.Siapkan cobek dan masukkan bawang putih, lada bubuk, dan garam lalu haluskan dengan cara di kucek hingga halus.
3.Siapkan wadah untuk mengaduk bahan.
4.Masukkan daging, tepung kanji, telur bawang merah goreng dan bahan yang telah di haluskan di cobek tadi ke dalam wadah yang telah disediakan.
5.Aduk semua bahan yang tercampur tadi menggunakan tangan atau bsa menggunakan alat lain seperti mixer agar semua bahan tercampur sampai merata.
6.Jika terasa adonan tersebut masih lembek dan sulit dibentuk maka tambahkan es batu sedikit demi sedikit sampai tidak lembek dan mudah dibentuk.
7.Setelah adonan tersebut dapat dibentuk, maka langkah selanjutnya adalah membentuk bulat bulat adonan tersebut menggunakan tangan, ukuran bisa menyesuaikan dengan keinginan.
8.Setelah selesai membentuk bulat-bulat, siapkan panci dan isi dengan air, lalu panaskan hingga mendidih.
9.Masukkan adonan tadi yang telah dibentuk kedalam panci yang telah berisi air mendidih secara perlahan.
10.Tutup panci dan tunggu sampai pentol mengapung.
11.jika telah mengapung, bahwa pentol tersebut sudah matang dan bisa d angkat dan ditiriskan.

Itu dia sob resep pentol daging enak ala rumahan yang pastinya bergizi dan sehat, kalau dikombinasikan dengan kuah pentol bisa kok sob, mau tahu resep kuahnya sob?
okee sob, ane kasih tau dehh biar tambah maknyuss dan cusss dehh :D

kuah pentol daging


Bahan :
- 4L air
-1sdt lada bubuk
-4 batang bawang daun
-2sdt gula pasir
-1sdm bawang putih goreng, haluskan
-1sdm bawang merah goreng, haluskan
-2sdt kaldu sapi instan

Cara membuat :

1.Panaskan air tadi dalam panci yang telah disediakan.
2.Masukkan semua bahan tadi yang telah disiapkan ke dalam panci.
3.Aduk hingga merata
4.Tutup panci dan tunggu hingga mendidih.
5.Kuah pentol siap disajikan sobb!!

Okee sobb itu resep bagaimana cara membuat pentol dengan kombinasi kuah yang tidak kalah maknyuss dan cuss sob :D Pasti sehat juga dong sobb, gitu aja ya sob resep dari saya semoga bermanfaat sobat kuliner.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Pentol Daging Enak ALA Rumahan"

Post a Comment

terima kasih sudah mengunjungi blog saya. jika anda ada pertanyaan, silahkan anda berkomentar dibawah ini.!!!