Resep Cara Membuat Tape Manis

Tape Manis

Hallo sobat kuliner.. bertemu dengan saya kembali yang selalu berbagi berbagai masakan kuliner khas nusantara. Kali ini saya akan berbagi tentang resep camilan khas nusantara yang terbuat dari bahan dasar singkong.. sobat kuliner tahu nggak apa itu? yang dimaksud disini adalah "Tape". Pasti di dalam benak sobat sudah tidak asing lagi dong dengan tape. Yaaa tape, merupakan makanan khas nusantara yang terbuat dari bahan dasar singkong yang telah difermentasi.
kalau kalian tahu, Kota mana yang terkenal dengan kota tape? Gampang, ya tentunya Bondowoso.. Kota tersebut terkenal akan produksi tapenya yang sangat legit di lidah. Tidak sedikit para wisatawan yang datang cuma hanya untuk membeli tape Bondowoso ini loh.. Tidak hanya tape original aja loh, tapi ada tape bakar juga loh, yang pasti rasanya tidak kalah ueennakk mantep poll deh dengan tape di daerah lain.. Para sobat kuliner harus cobain nihh dan datang langsung ke Bondowoso ya, dijamin para sobat akan terpesona deh sama tape khas kota Bondowoso ini, hehe..
Tentang tape singkong nih tentu para sobat kuliner sudah pada tahu gimana proses dan cara membuatnya, pasti kalian berpikir hanya dengan memberi ragi lalu di diamkan , wahh salah kawan butuh proses yang sistematis agar tape yang di hasilkan bisa sukses.. Mungkin dibenak kalian juga tape hanya dari singkong saja, tapi tidak hanya dengan singkong saja loh.. Tape juga bisa terbuat dari buah sukun, beras ketan, nasi dan masih banyak lagi.
Kadang rasa pada tape tidak hanya itu-itu saja, tapi di tape juga bisa diberi rasa seperti rasa buah, madu juga loh.. jadi rasa pada tape tidak hanya original tapi dapat diberi rasa buah dan yang lainnya. Selain rasa yang bermacam-macam tape juga konon memiliki khasiat bagi kesehatan namun jika di konsumsi berlebih jangan ya sobb hehe.. Untuk kemasan tape biasanya dikemas dengan menggunakan besek yang biasanya terbuat dari bambu yang di anyam berbentuk persegi yang di dalamnya terdapat daun pisang.
Tentunya jika dibuat oleh oleh pasti kerabat kita akan senang dong, karena tape ini selain murah meriah juga enak dan legit, jadi siapa saja yang datang ke wilayah kota tape ini rugi deh kalau nggak coba makanan tradisional khas ini..
Kita dirumah juga bisa bikin kok tenang saja, saya akan membagikan tentang bagaimana cara membuat tape ini.. oke langsung saj.. cekidoott...

Bahan :

-Singkong kuning
-Ragi tape 3 butir
-gula pasir
-air bersih


Cara Membuat :

1.Kupaslah kulit singkong yang telah disediakan, lalu potong ukuran sedang.
2.Rendamlah singkong tersebut dan bersihkan hingga bersih, serta siram menggunakan air panas karena dapat mempengaruhi hasil fermentasi.
3.Kukuslah singkong tersebut pada dandang hingga matang, tapi jangan terlalu matang yah sobat :D
4.Setelah matang angin-anginkan singkong tersebut sampai dingin. Ingat sobat jangan pernah disentuh mengguanakan tangan ya sob, karena akan mempengaruhi hasil fermentasi nantinya sobat.
5.setelah dingin siapkan ragi dan campur dengan gula di wadah, dan lumuri singkong tersebut dengan ragi dan gula dengan cara menggulung singkong tadi ke ragi dan gula tersebut menggunakan sarung tangan plastik.
6.Siapkan besek dan daun pisang yang telah dibersihkan.
7.Alasi besek tersebut dengan daun pisang sebagai tempat singkong yang telah di lumuri dengan ragi dan gula tadi.
8.Masukkan singkong tadi yang telah dilumuri ragi dan gula ke besek tadi secara perlahan.
9.Tutuplah singkong tadi yang dimasukkan ke besek dengan daun pisang lalu tutup lagi dengan tutup besek tersebut dengan rapat.
10.Ikatlah  besek tersebut agar tetep dalam kondisi rapat dan tunggu hingga 3-5 hari sampai tercium.

Okee mudah kan sob bagaimana cara membuat tape yang legit dan manis, kalau ingin mencoba silahkan sobat kuliner dirumah, semoga bermanfaat dan berhasil ya sobat..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Tape Manis"

Post a Comment

terima kasih sudah mengunjungi blog saya. jika anda ada pertanyaan, silahkan anda berkomentar dibawah ini.!!!